Jawaban Yang Benar!

Seorang guru SD memberikan tugas kepada murid-muridnya, tugasnya seperti ini : “Di lembaran kertas ini, kau akan melihat sketsa rumah, pohon, bunga, awan, dan langit. Sekarang warnailah dengan warna yang sesuai.”

Salah seorang murid bernama Patty dengan tekun dan rajin mewarnai gambarnya. Waktu ia menerima kembali hasil pekerjaannya, ia terheran-heran melihat tanda silang besar dan hitam di atas gambarnya. Ia meminta sang guru untuk menjelaskannya. “Aku memberimu tanda silang karena kamu tidak mengikuti instruksinya. Rumput berwarna hijau dan bukannya kelabu. Langit seharusnya berwarna biru, bukan kuning seperti yang kau lakukan. Mengapa kau tidak menggunakan warna-warna yang umum Patty?”

Patty mnjawab, “Sebab memang seperti itulah kelihatannya bila aku bangun pagi-pagi saat Matahari terbit.” Sang guru berasumsi bahwa hanya ada satu jawaban yang benar. Praktik mencari “satu-satunya jawaban benar” bisa menghasilkan konsekuensi serius terhadap cara kita berpikir dan menangani masalah. Kebanyakan orang tidak menyukai masalah, dan ketika menghadapinya, mereka biasanya bereaksi dengan mengambil jalan keluar pertama yang bisa mereka temui yang mungkin sangatlah berbahaya. Seperti ucapan Emile Chartier:

” Tidak ada yang lebih berbahaya

daripada sebuah ide bila itulah

satu-satunya ide yang kita miliki. “

 

Agar bisa berpikir lebih efektif, kita membutuhkan berbagai sudut pandang. Bila tidak, kita akan terjebak melihat hal-hal yang sama dan tidak melihat hal-hal lain yang berada di luar fokus kita.

 

Tes Untuk Kalian!

Dibawah ini terdapat 5 gambar. Pilihlah satu gambar yang berbeda dari yang lain.



Selamat Mencoba!


 


One thought on “Jawaban Yang Benar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s