Hipertensi

Hipertensi bisa juga disebut Tekanan Darah Tinggi yang telah menjadi penyakit umum bagi banyak masyarakat saat ini. Mungkin saudara, orang tua, teman, bahkan pendamping hidup kita, lalu langkah apa yang seharusnya kita ambil ?

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi adalah peningkatan tekanan darah di dalam arteri kita. Kalo secara umum, Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri dan menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, gagal jantung dan bahkan kerusakan ginjal.

 

 

 

Meningkatnya Tekanan Darah di dalam arteri bisa terjadi melalui beberapa cara:

  1. Jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya.
  2. Arteri besar kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku, sehingga mereka tidak dapat mengembang pada saat jantung memompa darah melalui arteri tersebut. Karena itu darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembunuh yang sempit daripada biasanya dan menybabkan naiknya tekanan.
  3. Bertambahnya cairan dalam sirkulasi bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Hal ini terjadi jika terdapat kelainan fungsi ginjal sehingga tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari dalam tubuh. Volume darah dalam tubuh meningkat, sehingga tekanan darah juga meningkat.

Gejala yang biasanya dialami penderita sebagai berikut:

  • sakit kepala
  • kelelahan
  • mual
  • muntah
  • sesak nafas
  • gelisah
  • pandangan menjadi kabur


2 thoughts on “Hipertensi

  1. tekanan darah juga bisa naik akibat autoregulasi sehingga disebut fisiologi, seperti pada kasus stroke, kebanyakan pasien akut mengalami kenaikan tekanan darah tapi beberapa hari kenudian dapat turun tanpa pemberian obat anti hipertensi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s