Aroma Rumput Mampu Menghilangkan Stres

Hari ini saya baru baca dari salah satu sumber di internet yang mengatakan bahwa dengan mencium bau rumput segar atau rumput yang baru dipotong maka itu akan mengurangi stres. Katanya, dengan berbaring di rerumputan pada pagi hari, bisa menghilangkan stres juga membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

Saya sempat meragukan, tapi setelah mengetahui bahwa Dr Menoreh Lavidis, seorang pakar Euroscientist dari University of Queensland untuk melakukan penelitian kaitan antara mencium aroma rumput segar, efeknya yang menenangkan, meredakan ketegangan di kepala akibat stres, dan perasaan bahagia yang ditimbulkan setelahnya. ternyata itu bukan sembarang isu. 7 tahun penelitian dilakukan oleh nya dan mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa aroma rumput segar ternyata dapat bekerja langsung pada otak, yaitu bagian khusus yang bernama amygdala dan hippocampus. Bagian itu berkaitan langsung dengan pengendalian emosi dan memori. Bagian yang sama juga bertanggung jawab atas pelepasan hormon yang dapat menyebabkan stres.

Dengan mencium aroma rumput segar, maka kandungan zat kimia pada aroma tersebut akan bekerja langsung pada area pemicu stres pada otak dan memperbaiki kerusakan hippocampus. Kalo kalian tinggal di kawasan yang masih menyisakan lahan berumput, berbaring di sana pada pagi hari akan membangkitkan semangat kalian.

Percaya atau tidak, yang pasti bukti sudah ada!

 

 

 

Sumber: Metro TV News | Metro TV – Sen, 4 Apr 2011 13.08 WIB

 



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s