Virus Nyamuk Mematikan, Mewabah di Australia

Sydney, Virus mematikan yang ditularkan oleh gigitan nyamuk sedang menyerang Australia Barat. Virus ini dikabarkan belum memiliki obat penangkal maupun vaksin.
Departemen Kesehatan Australia Barat mengatakan setidaknya enam orang telah didiagnosa dengan virusMurray Valley Encephalitis(MVE), yaitu virus yang dapat menyebabkan peradangan otak serius. Peringatan waspada juga dikeluarkan pada siapa saja yang akan bepergian ke utara atau timur Perth.

“Aktivitas MVE jarang terjadi tetapi berpotensial fatal dan virus Kunjin telah terdeteksi di Kimberley, Pilbara, Gascoyne, Goldfields, Midwest dan pusat daerah Wheatbelt, menunjukkan aktivitas virus tersebar luas,” jelas Sue Harrington, medical entomologist, seperti dilansir smh.com.au, Jumat (20/5/2011).

Harrington menjelaskan, virus Murray Valley Encephalitis dan virus Kunjin dibawa oleh nyamuk. Risiko yang terjadi jika terinfeksi akan menjadi tidak sehat atau bisa menjadi parah sehingga orang harus mengambil tindakan yang masuk akal untuk menghindari gigitan nyamuk.

“Gejala awal MVE adalah demam, mengantuk, sakit kepala, leher kaku, mual dan pusing,” jelas Harrington.

Pada kasus yang parah, lanjut Harrington, penderita mungkin menjadi koma, mengalami kerusakan otak permanen dan meninggal.

“Pada anak-anak demam mungkin hanya gejala awal, sehingga orangtua harus mencari bantuan dokter, terutama jika anak juga mengalami ngantuk, lekas marah dan tak mau makan,” ujar Harrington.

Virus Kunjin biasanya menyebabkan penyakit yang lebih ringan dari MVE, tetapi dapat menyebabkan sakit kepala, leher kaku, demam dan delirium.

“Tidak ada pengobatan khusus atau vaksin untuk penyakit-penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, sehingga sangat penting untuk peduli mencegah digigit nyamuk,” kata Harrington.

Menurut Harrington, pengendalian nyamuk di daerah pedesaan sebagian besar Australia Barat tidak mungkin karena ukurannya yang besar dan tidak dapat diaksesnya habitat sarang nyamuk secara alami.

“Penting bagi orang untuk mencegah gigitan nyamuk dengan menghindari keluar rumah di malam hari, mengenakan kelambu dan mengenakan pakaian pelindung luar dengan lengan panjang,” tutup Harrington.

DetikHealth.com


7 thoughts on “Virus Nyamuk Mematikan, Mewabah di Australia

    1. ia makanya mulai dari sekarang mesti pinter” jaga kesehatan,mulaidari pola makan sampai yang seterusnya, soalnya zaman makin maju, penyakit juga gamaukalah..

      hhe makasih gan uat kunjungannya

    1. Ia semoga ajah ya…
      makanya dari sekarang harus bisa buat hidup bersih, dan merhatiin lingkungan..
      dan kalo bisa harus mulai dari diri kita dulu karena insyallah bakal jadi pengaruh yang positif untuk sekitarnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s