Basic Digital Home Recording

Pada posting kali ini saya akan sedikit mengulas tentang dasar home recording. Sesuai nama label ini yaitu Musisi Kamar, home recording memang tidak jauh dari kehidupan kami. semua lagu yang saya buat semuanya merupakan hasil dari home recording, oleh karena itu kali ini saya akan membahas tentang basic equipment atau alat-alat dasar yang dibutuhkan dalam home recording.

Computer 

Baik itu mac ataupun pc, sebuah komputer mutlak dibutuhkan mengingat home recording adalah digital recording. komputer yang baik untuk keperluan recording standart paling tidak perbagus di processor,RAM,dan HDDnya saja. Misal menurut saya paling tidak diperlukan processor dual core, RAM 2 GB, HDD paling tidak 250GB. VGA tidak usah terlalu bagus karena memang keperluannya untuk Audio bukan Video.

Audio Interface / Soundcard –

Soundcard mutlak dibutuhkan mengingat soundcardlah yang mengubah data audio menjadi digital begitu juga sebaliknya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih soundcard adalah perhatikan input/outputnya,perhatikan koneksi yang diperlukan oleh soundcard itu, dan juga perhatikan budget anda.

MIDI Controller Keyboard 

MIDI digunakan untuk mempermudah dalam mengontrol parameter-parameter yang ada didalam software/DAW yang digunakan, dalam hal ini karena yang digunakan adalah keyboard controller maka ini digunakan untuk membuat notasi MIDI atau dalam kata lain untuk memencet tuts piano yang ada dalam DAW tanpa harus menggunakan mouse.

DAW –

DAW atau Digital Audio Workstation adalah software yang digunakan dalam home recording untuk playback,merekam multitrack,mixing console, dan banyak lagi kegunaannya. Contoh DAW yang sering digunakan adalah Ableton Live, Digidesign Pro-Tools,Logic Pro,dll. Gunakan DAW yang digunakan banyak orang, karena jika anda seorang pemula akan mempermudah dalam proses pembelajaran.

Speaker –

Speaker yang baik untuk keperluan home recording adalah flat frequency speaker, dan juga pilih speaker untuk near field karena bagaimanapun juga kita gunakan speaker ini dalam ruangan yang kecil. Tujuan flat frequency speaker adalah agar pada saat proses mixing hasilnya tidak berubah di speaker manapun.

Yang saya sebutkan di atas adalah peralatan wajib untuk memulai home recording, ingatlah untuk sesuaikan peralatan dengan budget anda. dan juga belilah alat yang memang anda butuhkan, sebagai pemula jangan terlalu terpaku kepada alat yang digunakan. Ingat sebagus apapun alatnya sebenernya orangnyalah yang membuat sebuah lagu menjadi bagus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s