George Ferris: Penemu Komedi Putar yang Lahir di Hari Valentine

Christmas Lights - George Square
Christmas Lights – George Square (Photo credit: the justified sinner)

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan sosok George Ferris. Ia adalah seorang ahli teknik atau insinyur asal Amerika Serikat yang berhasil menciptakan beberapa penemuan menarik. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah komedi putar raksasa atau yang kemudian dikenal dengan nama Ferris Wheel. Lantas, apa hubungan George Ferris, komedi putar, dan perayaan hari Valentinealias hari kasih sayang?

Salah satu jawabannya adalah 14 Februari. Ya, itulah tanggal di mana hari Valentine diperingati di seluruh dunia setiap tahunnya. George Ferris ternyata juga dilahirkan di tanggal tersebut, tepatnya pada 14 Februari 1859 di Galesburg, Illinois, Amerika Serikat. Nama aslinya sebenarnya cukup panjang, yaitu George Washington Gale Ferris, Jr., yang merupakan putera dari pasangan George Washington Gale Ferris Sr. dan Martha Edgerton Hyde.

Singkat cerita, setelah melalui berbagai lika-liku dalam kehidupannya, George Ferris pada akhirnya menjadi seorang insinyur. Pada tahun 1891, penyelenggara World’s Columbian Exposition, yang merupakan salah satu ajang pameran terbesar pada saat itu, mengadakan sayembara untuk para insinyur di Amerika Serikat. Mereka ditantang untuk membuat suatu karya orisinil yang berani, unik, dan bisa mengungguli Menara Eiffel di Prancis yang sangat kesohor itu.

George Ferris pun mencoba peruntungannya dengan mengajukan disain komedi putar raksasa rancangannya. Menurut George Ferris, komedi putar raksasa yang akan dibuatnya bakal bisa melebihi Menara Eiffel. Dengan menaiki karyanya itu, para pengunjung akan dapat melihat keseluruhan pameran dari atas, dan itu adalah pemandangan yang sangat menakjubkan serta akan menjadi saat-saat romantis bagi pasangan yang berada di sana.

Awalnya, pihak penyelenggara merasa ragu dengan rancangan yang diajukan olehGeorge Ferris tersebut dengan alasan keamanan. Namun, George Ferris kemudian berhasil memastikan keamanan komedi putar raksasa buatannya itu. Akhirnya, komedi putar raksasa karya George Ferris yang lantas diberi nama Ferris Wheel tersebut berhasil dihadirkan dalam ajang World’s Columbian Exposition yang digelar di Chicago pada tahun 1893.

Ternyata, di masa-masa yang akan datang, banyak kisah romantis yang terjadi dan terkait erat dengan komedi putar raksasa yang pertamakali diciptakan oleh George Ferris itu. Dengan demikian, hari lahir George Ferris, juga komedi putar ciptaannya, ternyata memiliki benang merah dengan perayaan hari kasih sayang yang diperingati setiap tanggal 14 Februari itu. Sayangnya, George Ferris mati muda di usia 37 tahun pada 22 November 1896, di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.

 


One thought on “George Ferris: Penemu Komedi Putar yang Lahir di Hari Valentine

  1. May I simply say what a comfort to discover
    an individual who actually understands what they’re discussing on the web. You definitely understand how to bring an issue to light and make it important. A lot more people should check this out and understand this side of your story. I was surprised you are not more popular given that you certainly have the gift.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s