10 Senjata Api Yang Merubah Sejarah

 

 

Hand Held Gun
Hand Held Gun

 

Perkembangan senjata cukup pesat dari tank tempur , pesawat dan Altillery , senjata infanteri tetap randah hati dan selalu menempati posisi penting pada  untuk  memenangkan setiap peperangan . Melalui sejarah perang yang ada , dari Agincourt hingga Afganistan , tentara dengan senapan yang ampuh dan efektif selalu memenangkan pertempuran dan menentukan nasip musuh yang telah dikalahkannya.Dari senapan jenis Matchlock hingga senapan mesin moderen , kami telah menghimpunnya dalam sebuah katalog semua dalam senjata api yang paling revolusioner dalam sejarah peperangan.

 

Berikut ini 10 Senjata Api yang mampu merubah sejarah :

 

  • Senapan Tanegashima (Japanese Matchlock)

 

Tanegashima Blade
Tanegashima Blade

 

Senapan jenis Matchlock dengan cepat digantikan oleh Yumi longbow pada seni peperangan Jepang dengan performa sangat baik dan mudah digunakan sehingga sangat membantu dalam penetrasi pasukan. Dalam perang Nagashino pada tahun 1575 tercatat pertama kali : para Jenderal Tokugawa Ieyasu dan Oda Nobunaga yang secara licik menyembunyikan pasukan mereka dibalik tumpukan kayu atau barikade sambil melancarkan tembakan terus menerus kearah musuh sebagai pembuka  jalan bagi pasukan Cavalery mereka .Ironisnya , penggunaan pasukan berkuda terkumpul telah diperkenalkan satu generasi sebelumnya . Kemenangan ini menyebabkan timbulnya sebuah revolusi dalam taktik dan seni peperangan Jepang yang berakhir hingga periode  Edo,  waktu relatif damai dimana tidak diperlukan banyak senjata.

 

  • Senapan Flintlock Musket

 

Cantalonian Flintlock

 

Sekitar abad 17, kecanggungan Matchlock dan Arquebus yang seakan tersapu dengan perkembangan  flintlock, dengan model yang lebih handal dan menggunakan batu pematik untuk menyalakannya. Era baru senapan Flintlock adalah perkembangan yang sangat penting dalam teknologi senjata api yang membuat seorang tentara lebih mudah bergerak menembak lebih mudah dan cepat. Dan senapan jenis ini sangat sukses mengganti dengan cepat semua versi yang ada sebelumnya (seperti Wheellock) dan paling banyak digunakan untuk kalangan tentara pada waktu itu . Hal ini cukup merubah  gaya pertempuran Tentara Eropa dari percampuran antara menggebuk dan tembak menjadi lebih familiar ke gaya peperangan moderen yang sangat akrab dengan senapan.

 

  • Senapan Gatling

 

Gatling Gun

 

Pada awal tahun 1980-an , seorang dokter berkebangsaan Amerika bernama  Richard Gatling  telah mematenkan sebuah senjata yang revolusioner. : dengan tenaga engkol tangan , multi barrel (laras banyak ) berisi senapan altileri ringan dengan kemampuan memuntahkan tembakan secara terus menerus yang dipakai untukmenembus barisan musuh.Senapan mesin generasi pertama ini memiliki tingkatan yang belum pernah di jangkau oleh generasi sebelumnya , dengan kemapuan memuntahkan peluru sekitar 200 peluru setiap menitnya dan dengan performa ini sangat mudah diadopsi selama  perang sipil Amerika pada masa itu . Yang kemudian disempurnakan menjadi lebih praktis dan handal sebagai sebuah senapan mesin , yang mana akan menjadi senjata paling berpengaruh di medan perang dan sekaligus merubah taktik pertempuran prajurit Infantery saat itu . Ironisnya , bahwa penemuan senjata tersebut ternyata mewujudkan sebuah kesia-siaan dan kebrutalan dari sebuah peperangan.

 

 

Needle Rifle

 

Dalam perkembanga medan perang abad 19 yang serba cepat , semakin cepat  laju tembakan semakin diperlukan , akan tetapi terdapat sebuah keterbatasan perjalana antara loader ke ujung moncong (ketukan pelatuk hingga kembali ketempat asal untuk melakukan tembakan berikutnya ) . dikenal dengan  The Dreyse needle-gun, diproduksi masal pertama kali senapan jenis loader sungsang , benar-benar merubah pola serangan di medan perang karena seorang prajurit infantery bisa menembakkan peluru sebanyak 12 putaran permenit,yang artinya 3 atau 4 kali lebih cepat dari senjata kontemporer yang ada pada saat itu . Senjata jenis ini dengan cepat diterima kalangan agen Prussia saat itu dan terbukti memberikan banyak keuntungan yang sangat penting pada perang Austro-Prussia , dan Varian berikutnya  dari senjata jenis tersebut digunakan sebagai senjata  standard kebanyakan angkatan bersenjata pada masa itu.

 

 

MP

 

Dengan postur pendek , body kekar dan moncong lebih garang (seperti saringan merica), senapan ini terlihat kurang Impresif apabila dibandingkan dengan senapan kontemporari dan senapan mesin lainnya. Akan tetapi meskipun penampilan dari MP 18 ini terlihat krusial sebagai perlengkapan offensif tentara German pada perang dunia I , terutama pada serangan terakhir  di front barat pada musim semi tahun 1918. Senjata ini sanggup memuntahkan peluru sekitar 500 butir per menitnya , tentunya tembakan ini bisa menyapu pasukan yang bersembunyi diparit dalam beberapa saat saja sekaligus memberikan banyak konstribusi pada kemenangan German dalam serangan Offensif terakhir . Inilah kelas baru dalam dunia persenjataan yang diperkenalkan oleh ketentaraan German sangat tidak manusiawi dengan kemampuan menghancurkan sangat tinggi , yang kemudian dilarang penggunaanya di German setelah perjanjian Vesailes.

 

  • Pistol Colt Revolver

 

Colt Revolver

 

Meskipun berbagai pistol telah dibuat dan bisa memuntahkan tembakan  hingga beberapa kali diseluruh penjuru dunia akan tetapi  yang satu ini tidak bisa diabaikan .Inilah versi pertama yang paling praktis dan telah dikembangkan oleh Samuel Colt pada tahun 1836.Senjata ini dibuat berdasarkan teknology catridge jenis baru dan dapat menembak sebanyak 6 kali tanpa isi ulang. Senjat jenis baru ini tentunya sangat menarik dan dihargai dikalangan para penegak hukum , didunia bawah tanah digunakan oleh ketentaraan sebagai senjata sekunder . Kenyataanya , pistol jenis Colt ini sangat Iconik seperti contohnya senjata buatan 1873 bisa terjual didalam pelelangan sekitar $ 242.000 UD dolar.

 

  • American Longrifle

 

S223b

 

Aslinya hanya sebuah senapan berburu , lebih terkenal dengan sebutan American longrifle (atau Kentucky rifle) Didesain sangat unik dengan gaya Amerikan . dan dibuat hingga sekarang ini secara Hand made , dengan bentuk cukup artistik dengan tingkat akurasi cukup tinggi . berlaras sangat panjang  dan menjadi andalan pasukan Amerika pada saat itu karena hampir merupakan kunci kemenangan dalam setiap peperangan saat itu , Terutama setelah kemenangan Amerika dalam peperangan New Orleans pada Januari 1815 (setelah perangterakhir 1812).

 

  • M1918 Browning Automatic Rifle

 

m1918 browning automatic rifle

 

 

 

Salah satu yang paling favorit dalam dekade Militer , Browning dikembangkan untuk melakukan tembakan dukungan dalam operasi infantery dalam sebuah serangan . Dibuat sangat ringan dan compact , senapan otomatis ini diciptakan dengan kemampuan cukup unik sangat fleksibel dan mudah digunakan oleh seorang prajurit Infantery . Senapan otomatis ini diciptakan sebagai bagian dari taktik infantery dalam perang dunia I dan II yang memungkinkan kebuntuan perang parit yang sangat populer pada saat itu. Dengan meningkatkan kemampuan tembak secara individu dan memungkinkan mereka bergerak dengan mobilitas tinggi .Hal ini tetntunya menambah kemampuan taktik dan strategi mereka dengan manuver yang lebih berbahaya yang memungkinkan untuk menusuk jantung pertahanan lawan.

 

  • Sturmgewehr  44

 

sturmgewehr  44

 

 

 

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1943, Senapan StG 44 buatan jerman ini adalah  senapan serbu sejati pertama kali didunia .Dimanan senjata ini dibuat secara revolusioner dengan desain  praktis menggabungkan berbagai element tarbaik dari keunggulan senapan serbu, kedua keunggulan yang disuguhkan antara lain antara submachine gun dengan mechine gun ringan dalam sebuah kemasan yang cukup compact, yang memungkinkan seorang prajurit infanteriy  untuk menggunakan aplikasi otomatis maupun semi otomatis dengan jarak dan tenaga yang  masih  memungkinkan dan sangat berbeda jauh dengan senapan mesin yang ada dipasaran saat itu. Sementara pandangan skeptis kalangan Inteligen Inggris maupun Amerika saat itu memandang senapan ini terlihat lebih berat dan agak rapuh . Sementara kemunculan StG 44 mungkin telah terlambat ditemukan sehingga kurang memiliki andil besar pada perang dunia ke II  dan kekalahan German dalam perang saat itu , mungkinkah ini salah satu penyebabnya ?.

 

  • AK-47

 

Ak - 47

 

Senjata standard bekas tentara Uni Soviet , inilah Kalashnikov yang merupakan senapan paling terkenal di dunia . Senjata api ini masa sekarang kurang lebih diproduksi olah 14 negara dan mungkin digunakan di 82 negara lain yang ada didunia .Dalam konflik moderen telah digunakan untuk menembak oleh berbagai kalangan dari panglima perang Afrika hingga pasukan Infantery Iraq bahkan para gerilyawan Yang ada Di Afganistan . Mendapatkannya pun cukup mudah karena dijual dipasar gelap dengan harga yang cukup murah sekitar $ 30 US dibeberapa bagian Afrika, membuatnya menjadi senjata pilihan dari berbagai negara Miskin bahkan negara berkembang. Di buat dengan desain mekanis sangat sederhana dan dioperasikan cukup mudah bahkan anak berusia 10 tahun pun bisa mengoperasikannya karena sangat mudah diajarkan. Dan sejarah yang telah dituliskan mungkin senapan inilah yang paling banyak menimbulkan kematian apa bila dibandingkan dengan senjata jenis lain, dalam sejarah persenjataan di Dunia. Di dalam perang moderen , senjata nuclear mungkin sangat mematikan akan tetapi apa  bila berhadapan dengan bunker beton semua hampir bisa diatasi , sementara pemusnah masal yang sesungguhnya tetap bernama AK.

 

Itulah beberapa Senjata yang mampu merubah sejarah, bagaimana guys ? tertarik untuk membelinya ?

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s