Prepare For Something Bigger Bradaaaa….

Banyak dari kita yang saat ini mungkin lagi #galau mikirin hal-hal yang sebenernya bisa diselesaikan hanya dengan waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit… pertanyaanya adalah kenapa kita masih belum bisa menemukan solusi dari setiap permasalahan hidup kita masing-masing.

Banyak orang bilang kalo kita harus A, B, dan C but in fact, itu tidak akan membantu kita keluar dari maslaah yang sebenarnya karena A, B, dan C yang tadi mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah orang lain tapi tidak dengan kita… Think again guys !! setiap orang, setiap dari kita punya masalah dengan versi yang berbeda – beda walaupun terkadang dengan judul yang sama seperti contoh statement dari “Mr.X” “gua belum bisa move on” di korelasikan dengan statement “Mr.Y” “gua baru aja diputusin pacar gua..hikz.. (sambil garuk-garuk tanah), ini problem yang sama tapi tetap berbeda untuk masing-masing dari mereka berdua untuk menemukan solusi yang tepat untuk keluar dari zona #galau itu.

Terkadang ada orang yang bilang kalo “Masalah” di dalam hidup adalah bagian dari pendewasaan diri jika kita mampu menyelesaikannya. So, bagaimana dengan mereka yang gak berhasil menyelesaikannya ? buka mata, hati, dan pasang kuping baik-baik… Kasus Korupsi, bunuh diri, terorisme, overdosis karena narkoba, dan masih banyak lagi contoh yang bisa kita lihat bahwa mereka adalah sebagian kecil dari korban “Masalah” dalam hidup mereka.

Melampiaskan sih boleh-boleh aja asal jangan sampai merugikan orang disekitar, having fun sih boleh tapi jangan sampai modus-modusan yang ujung-ujungnya cuma buang waktu, tenaga, duit, dan moral.

Titik terbaik untuk bisa beranjak dari permasalahan itu adalah ketika kita sudah tidak bisa lagi menemukan satupun sudut kemungkinan tentang bagaimana hal ini akan bisa terselesaikan dan berjalan dengan baik. Timing terbaik adalah saat kita merasa sangat terpuruk dengan keadaan… tarik nafas yang dalam dan hembuskan… waktu gak akan berhenti sesaat setelah itu… esok hari akan tetap datang menjemput kita untuk lagi dan lagi memikirkan hal yang sama… 

Terimalah semua hal… pasrahkan keadaan untuk tetap berjalan sebagaimana mestinya, sharinglah dengan teman-teman atau rekankalian tapi bukan untuk mencari solusi melainkan sedikit mengurangi beban yang kalian panggul di sepanjang hari-hari kalian.

Cobalah untuk menemukan kembali, menelusuri kembali sesaat sebelum masalah itu datang… itu sama halnya dengan tim investigasi yang sedang melakukan penyelidikan terhadap suatu kasus, sering lihat kan ada yang namanya reka ulang dalam suatu kasus, atau saksi mata saat dimintai keterangan ? yah itu gunanya untuk mengumpulkan informasi se-detail mungkin, membuat hipotesis, mencoba menemukan motif, keterlibatan orang-orang didalamnya, dan nantinya akan menjadi suatu kesimpulan untuk menentukan apakah orang tersebut bersalah atau tidak.

Menelusuri kembali sama halnya saat kalian sedang jalan-jalan dan sesaat setelah itu menyadari kalo dompet kalian jatuh. Kira-kira hal yang pertama kalian lakukan apa? mencoba mengingat? mencoba menelusuri memori kalian sendiri, menelusuri area yang sudah kalian lewati sebelumnya. That’s it ! kalian paham bagaimana sebenarnya cara untuk menemukan  solusi dari setiap masalah.

Temukan titik kesalahan nya yang menyebabkan maslaah itu terjadi. Sesaat sebelum sebuah kecelakaan terjadi, you know there is something wrong with the driver or the person, and it’s just about a sec before that happen. Temukanlah penyebabnya, akar dari masalah ketika dia muncul, biasanya berupa keteledoran kita akan sesuatu hal, atau mungkin kita menyadari beberapa hal yang tadinya tidak terpikirkan oleh kita.

Saat dalam proses ini, kalian akan menguras banyak tenaga karena memaksa otak untuk terus berfikir dan bekerja lembur, pastikan untuk tetap positif thingking… even it’s worst but trust me there is always a way for a person who asking for it. Jangan sebut itu masalah, tapi sebut itu tanggung jawab. Dibalik seseorang yang besar ada tanggung jawab yang sama besarnya guys.

Solusi datang tanpa di duga, iya kita mencari, kita berdoa, kita mencoba untuk tetap positif dengan keadaan, ingatlah untuk tetap tenang karena hidup tanpa masalah itu kaya makan makanan yang hambar guys… keep digging until you find a way. Solusi bisa datang dari berbagai macam sumber, dari berbagai arah yang gak akan kita sadari sebelumnya, tapi tetaplah untuk terus menelusuri terowongan itu karena kalian belum seutuhnya keluar, tapi setiap terowongan pasti memiliki ujungnya… that’s the positif thinking !!

Lega, Thankfull, Terharu, Merayakan dengan cara yang unik adalah expresi sesaat setelah kalian menemukan cara, menemukan solusi, mendapat sebuah pencerahan tentang bagaimana kalian melewati satu fase dalam hidup, membuat kalian belajar dari sebuah kesalahan untuk tidak masuk kelubang yang sama untuk kedua kalinya… let me ask you once again… apa kalian betul-betul belajar? atau belajar untuk menemukan jalan yang akan mengiring kalian ke lubang yang sama again and again and for your whole life.

I called this a problem, a basic problem from human being even for my self.

Kita tidak pernah tahu kapan, dan bagaimana kita akan terperangkap disebuah lubang, sama halnya dengan “ajal” atau “kematian” yang akan menjemput kita, menjemput siapa saja, dimana saja, tanpa permisi dan sejauh apapun kita lari dan bersembunyi… itu tidak akan merubah keadaan.

Persiapan adalah kata kunci, hari dimulai dengan doa dan persiapan, saat menutup hari pun dengan doa dan persiapan… dua hal yang jadi “The Keys” untuk tulisan kali ini… hidup itu butuh persiapan, persiapkan apa yang menurut kalian perlu bahakan tidak perlu sekalipun karena hidup bukan kaya anak umur 10 thn yang lagi main Puzzle, mulailah untuk menghargai diri kalian sendiri, menghargai orang-orang disekitar, menghargai apa yang melekat di tubuh kalian, kesalahan dimasa lalu adalah batu loncatan untuk kalian bersiap ke level berikutnya sama halnya dengan memainkan sebuah Game… 

Berhasil melalui satu Stage berarti kalian siap masuk ke Stage beirikutnya dengan rintangan dan halangan yang jauh lebih sulit dari sebelumnya, tapi entah kenapa kalian tersenyum saat memainkannya🙂

Realisasikan mulai hari ini, detik ini, dan di momen ini to keep digging, to keep going, suatu saat nanti kalian akan berhenti sejenak dan cobalah sekali melihat kebelakang, melihat betapa banyak hal yang sudah terlewatkan, banyak momen yang terlewatkan… jangan menyesal tapi persiapkan lah diri kalian 

 

For The Next Stage Of Life


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s