SBY Tak Pernah Pakai Alat Komunikasi untuk Sampaikan Rahasia Negara

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kekesalannya atas penyadapan yang dilakukan Australia pada dirinya dan sejumlah menteri. SBY pun membuka cara dirinya menyampaikan informasi yang berkategori rahasia negara.

“Meskipun kalau urusan rahasia negara, seorang presiden seperti saya tidak mungkin disampaikan ke sana kemari,” kata tegas Presiden SBY.

Hal itu disampaikan SBY dalam jumpa pers khusus menyikapi penyadapan Australia di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2013).

“Jadi saya berikan perintah langsung tanpa harus menggunakan alat komunikasi. Penggunaan alat komunikasi terbatas itu tentu tidak termasuk sebagai rahasia negara,” jelas SBY.

Sebelumnya SBY menyatakan penyadapan yang dilakukan Australia sulit dimengerti. Penyadapan lazimnya dilakukan pada musuh negara. Sedangkan Indonesia dan Australia kini tidak dalam posisi bermusuhan.

“Sulit dimengerti, sulit memahami mengapa itu harus dilakukan sekarang, bukan era perang dingin. Di era perang dingin dulu, sepertinya biasa saling menyadap, saling mengintai, melakukan spying di antara blok-blok yang berhadapan. Sekarang dunia tidak lagi seperti itu,” jelas Presiden SBY.

Meskipun bukan perang dingin, imbuh SBY, mungkin penyadapan bisa terjadi bila negara itu saling bermusuhan.

“Antara Indonesia dan Australia ini tidak berada dalam posisi berhadap-hadapan dan bermusuhan. Sehingga kalau ada yang menyatakan intelijen bisa melakukan apa saja, saya justru menanyakan, arahnya ke mana? Mengapa harus menyadap partner, kawan, dan bukan lawan?” gugat SBY.

Ikuti berbagai peristiwa penting yang dikemas dari sudut pandang berbeda di “Reportase SoreTrans TV pukul 16.45 WIB


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s