Cara Menambah Sendiri Memory Laptop

sodimm

Apabila anda ingin menambah kapasitas RAM (Random Access Memory) atau biasa disebut Memory saja pada laptop/notebook, anda dapat melakukannya sendiri  dengan cara memasang/menambahkan  keping memory asalkan masih ada slot memory yang masih kosong dan kapasitas total memory  masuk pada range yang diperbolehkan dari spesifikasi  notebook/laptop tersebut.

Umumnya sebuah notebook memiliki 2 buah slot/terminal untuk memasangkan keping RAM/memory, dan biasanya kalau kita membeli laptop bawaannya hanya terpasang satu keping, satu slot lagi kosong.

Misalnya laptop yang anda beli  kapasitas memorynya sebesar  2GB, dan anda ingin menjadikannya menjadi 4GB, maka  anda harus menambahkan satu keping lagi yang berkapasitas 2GB pada slot yang masih kosong.

Sebelum membeli anda harus mengetahui jenis memory dan data transfer ratenya misal DDR3/ PC 12800, karena kalau jenis memorynya berbeda (misal antara DDR2 dan DDR 3) jelas tidak dapat digabungkan karena untuk pin atau kaki-kakinya juga berbeda tidak akan masuk di slotnya, kemudian kalau Jenis memorynya sama akan tetapi nilai PCnya berbeda misal memory PC 10600 digabungkan dengan PC 12800 bukannya komputer akan semakin cepat dengan ditambah memory, yang ada malah komputer anda akan bermasalah.

Cara yang paling aman agar tidak terjadi kesalahan jenis dan speknya, tinggal ambil kamera atau ponsel kamera kemudian foto label memorynya. perlihatkan kepada petugas penjual pasti mereka mengerti.

Untuk membuka memory matikan terlebih dahulu laptopnya.
biasanya ada satu atau dua buah baud di bagian bawah dari laptop untuk membuka memory

buka tutup memory
buka tutup memory

Umunya kalau anda belum mengupgrade memory, masih ada satu slot yang bisa dipakai

ram di slot kedua kosong
ram di slot kedua kosong

Gambar berikutnya adalah memory baru yang akan ditambahkan, speknya sudah yakin sama, kalau merek tidak apa-apa berbeda juga.

memory baru
memory baru

Pasang memory yang akan ditambahkan pada slot yang kosong, caranya masukkan memory ke dalam slot sampai semua pinnya masuk,  kemudian kalau sudah masuk semua pinnya, luruskan memory, kalau sudah pas maka platnya akan mengunci.

pasang ram laptop
pasang ram laptop

Tutup kembali cover penutupnya. Silakan nyalakan Notebooknya maka kapasitas  memorynya sudah bertambah sekarang.

 

Dikutip dari : http://www.tipstriks.com/

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s