“INTO THE WILD” Sebuah Kebebasan & Kepalsuan Hidup

Into The Wild

Baru beberapa hari lalu gua di referensikan oleh salah satu teman kerja untuk menonton film ini, filmyang awalnya gua pikir gak menarik (ya itu insting orang di negeri ini). Baru saja tadi malam gua mencoba untuk menonton film ini dan ternyata dugaan gua benar sekitar 15 menit pertama gua sempet bosen dan gak bersemangat untuk melanjutkan film ini tapi karena gua masih penasaran dengan film ini makanya gua coba untuk terus nonton. 1 Jam kebelakang mata gua gak bisa lepas bahkan kadang hati rasanya kosong dan bener-bener terbius sama film ini.

Christopher Johnson McCandless (Emile Hirsch) adalah seorang pria muda berpendidikan yang berprestasi tinggi. Tidak sekedar pintar dalam pendidikannya, Chris memiliki kepribadian yang baik, rendah hati, dan pemikiran dewasa yang bijaksana. Paska kelulusan dirinya dari Universitas Emory, Chris yang usianya tergolong muda, 22 tahun, memutuskan untuk pergi meninggalkan keluarganya dan memulai kehidupan dengan caranya sendiri, yaitu menjalani petualangan di alam bebas. Dengan cara kehidupan Chris yang baru tersebut, ia rela meninggalkan segala unsur-unsur kehidupan lamanya, seperti uang, telepon, bahkan kekayaan yang dimilikinya.

Tindakan berani Chris ini tentu saja dipicu oleh maksud, yaitu keadaan keluarganya yang penuh dengan kepalsuan, dan juga kehidupan manusia yang terlalu bergantung pada harta semata. Keputusan Chris ini tentu saja membuat keluarganya cemas, orang tua Chris yang pada awalnya mengira putranya tersebut sedang menuntut ilmu di Atlanta semakin khawatir ketika menemukan Chris telah lama menghilang. Segala cara dilakukan mereka untuk mencari tahu keberadaan Chris, tetapi sayangnya dengan bantuan polisi pun keberadaan Chris tidak dapat dilacak. Walaupun begitu, Chris tetap menjalin hubungan dengan adiknya, Carine (Jena Malone), lewat surat menyurat. Di dalam perjalanan kehidupan barunya Chris bertemu dengan banyak teman baru dan mendapat banyak pengalaman berharga. Semua ini dilakukannya untuk mencari arti dari kehidupan dan mengembangkan kedewasaan dalam dirinya.

into the wild 2

 

Amazing, superb, outstanding, powerful, bagus, keren, cakep,…., ah masih banyak kata yang pantas menggambarkan kesempurnaan film ini. And when I’m done watching this, Into The Wild easily become one of my favourite film all-the-time. Skema perpindahan kisah atau bisa dibilang alur cerita yang diusung adalah flashback/campuran, dimana cerita mengalir maju mundur sesuai timing yang diatur dari buku aslinya. Selain itu cerita dibagi kedalam beberapa bab, sama halnya seperti sebuah buku, satu cara yang gua suka sehingga kerennya lebih kerasa buat gua. gua suka banget sama karakter Chris, bagaimana karakternya yang memiliki kemarahan tersendiri pada kepalsuan yang tumbuh dalam diri manusia. Walau faktor Chris dalam memulai cara hidup baru salah satunya adalah masalah keluarga, tapi menurut gua bukan itulah yang coba disampaikan pada banyak orang. Into The Wild pada dasarnya mengkritisi pola pikir manusia secara universal, bukan menggurui tentang masalah kekeluargaan. Semua arah pikiran dan tujuan Chris seakan menyindir pola hidup maupun tingkah laku manusia yang sering menginginkan kebahagiaan dengan banyak menutupi black-hole dalam dirinya, dengan menambalnya dengan segudang kepalsuan, dan tidak jarang merugikan potensi atau kepribadian orang terdekat yang tanpa disadari memiliki tingkat timbul depresi yang sangat besar.

Ini foto asli Christoper yang di temukan di dalem kameranya
Ini foto asli Christoper yang di temukan di dalem kameranya, jujur terharu biru kalo liat ini…

Chris McCandless umurnya baru 23 tahun! Malu gua! gua lalu baca bukunya yang berjudul sama, ditulis oleh Jon Krakauer, seorang petualang legendaris yang juga penulis. Makin malu. Liat foto-fotonya. Wah, haru biru…

Yang spesial dari anak muda itu selain keberanian dan kepolosannya adalah tingkat intelejensinya yang tinggi dalam memahami dirinya sendiri. Pribadi dan cara pandangnya sendiri banyak dipengaruhi kata-kata mengagumkan dari H.D. Thoreau, Leo Tolstoy, dan Jack London yang merupakan pengarang pujaannya, dan dia berhasil menerjemahkan kesemuanya dengan indah dalam kenyataan yang luar biasa!

Secara keseluruhan kisah ini sangat inspiratif dan sulit dilupakan. Tentu banyak juga yang melihatnya sebagai tindakan bodoh yang emosional belaka.

Tapi gua punya pandangan lain.. gua mikirnya kurang lebih seperti ini

Pertama, Chris memiliki kecermelangan hati yang sangat menawan, maksud gua itu diamudah disukai atau easy-going. Bagaimana seorang Chris mampu membuat banyak teman barunya terharu akan kehadiran dan kepergiannya. Keduam bagaimanapun keteguhan hatinya dalam mengambil keputusan besar ini, tetap saja jauh di benak hati manusia akan timbul perasaan dilematis, apa semua yang gua lakukan benar?, hal ini gua simpulkan dari adegan telepon umum. Ketiga, sosok Chris bukanlah sosok untuk dibenci, dan juga bukan untuk dicintai. Mengapa bukan untuk dibenci?  Tidak lain karena arah pandang jiwa dan otak Chris yang sangat dewasa dan penuh kebijaksanaan. Dan juga karena semangat besar dalam diri Chris dalam mencapai tujuan dan impian. Tapi buat gua hal positif tersebut timbul dalam diri Chris dan ia ekspresikan hanya dalam petualangannya. Kenapa gua tidak setuju bahwa keputusan dalam meninggalkan keluarganya bukanlah suatu kedewasaan? Chris memang membenci tatanan kehidupan manusia, karena tidak sejalan dengan dirinya, yang terutama adalah kepalsuan. Tapi ingat, semua tindakan Chris ini tanpa ia sadari adalah juga kepalsuan. Langkah besar yang ia ambil tidak bisa dikelak sebagai suatu kebohongan. Bagaimana Chris membohongi dirinya dengan menutupi ‘black-hole’-nya dengan lari dari kenyataan hidup. Selain itu apa ia tidak memikirkan sedalam apa penderitaan keluarganya karena kepergiannya?.

Tapi sekali lagi jangan salah, poin ketiga yang gua jabarkan barusan bukanlah suatu kekurangan atau hal meleset dalam film. Hal tersebut semakin menggurui kita untuk pintar dalam mengambil keputusan, sebijak dan sedewasa apapun faktornya. Into The Wild adalah salah satu film terbaik yang pernah ada, segala unsur dikerjakan sangat baik, tanpa menghiraukan ataupun menginggalkan black-hole dalam proses pembuatan film. Hal teknik yang membantu kebaikkan film juga sangat gua suka, mulai dari sinematografi dan editing yang disusun sedemikian rapi dengan landscape panorama alam yang amazingly cool!! Soundtrack dan score yang diisi oleh Eddie Vedder juga layak diancungi jempol, gua suka musiknya, semakin nambah intensitas keharuan film. Memang sih endingnya depressing, tapi namanya juga kisah nyata, ya mau diapain lagi. Quote yang mengakhiri film ini adalah ‘happiness only real when shared‘, semakin menekankan bahwa apa yang dilakukan Chris adalah kesalahan besar. Untung banget ia akhirnya sadar dua tahun kehidupan akhirnya dalah suatu kepalsuan, terlihat dari note-nya yang akhirnya memakai nama aslinya.

Talking point…

Into The Wild adalah sebuah true-story yang berbicara mengenai cara menghadapi masalah, kedewasaan, kemanusiaan, dan juga penyesalan. Ngga tau lagi harus ngomong apa, pokoknya Into The Wild bagus banget. Banyak banget quote-quote bagus yang melingkupi jalannya film. Into The Wild sukses mempesona saya, dengan segala keindahan alur cerita yang bener-bener dalem dan banyak momen memorable yang berbeda-beda, dari yang sedih, bahagia, lucu, dan diakhiri dengan pemilihan depressed-moment. Luar biasa!!

Ini masalah seberapa berani kalian menjalani hidup sepenuh mungkin dengan meminta sesedikit mungkin?

Seberapa berani kalian melakukan apa yang diidam-idamkan di dalam jiwa ?

Seberapa berani kalian mengatakan tidak pada sesuatu yang kalian rasa tidak sesuai dengan kalian ?

Seberapa kuat kalian memegang apa yang kalian yakini?

Seberapa jauh kalian berani menantang diri kalian sendiri?

Nilai kehidupan buat tiap orang memang berbeda, tapi modal untuk meraihnya saya rasa sama… yang dibutuhkan cuma keberanian! Hal yang (moga-moga belum terlambat) sedang gua kumpulkan sekarang ini…

“So many people live within unhappy circumstances and yet will not take the initiative to change their situation because they are conditioned to a life of security, conformity, and conservatism, all of which may appear to give one peace of mind, but in reality nothing is more dangerous to the adventurous spirit within a man than a secure future”
“The very basic core of man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of live comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have new and different sun” -Christopher McCandless-
“If we admit that human life can be ruled by reason, then all possibility of life is destroyed” -Leo Tolstoy-
“Rather than Love, than Money, than Fame, give me Truth” -Thoreau-
“What lies behind us and what lies ahead of us are tiny matters compared to what lives within us” -Thoreau-
“How important it is in life not necessarily to be strong, but to feel strong” -Primo Levi-
“There is no value in life except what you choose to place upon it and no happiness in any place except what you bring to it yourself” -Thoreau-
“When you want something in life, you just gotta reach out and grab it!-Chris McCandless-
“Happiness only real when shared” – Chris McCandless a.k.a Alex Supertramp

Nah ini ada sedikit screenshot dan gua bagi beberapa part dari film ini :

1. Menjalani kenyataan diatas kepalsuan hidupnya

Into_the_Wild-628151697-large
Chris lulus dari Universitas Emory jurusan hukum dengan nilai rata-rata “A”.

2. Mengikuti naluri dan keyakinan ditengah kepalsuan hidup menyelimuti.

Menyusuri jalan menuju kebebasan
Menyusuri jalan menuju kebebasan
Menunggu mobil atau bus untuk menumpang saat lelah dipikulnya
Menunggu mobil atau bus untuk menumpang saat lelah dipikulnya
menggunakan kano untuk menyusuri Grand Canyon
menggunakan kano untuk menyusuri Grand Canyon
Into-the-Wild-emile-hirsch-15555702-1280-960
menyusuri Grand Canyon tanpa pengalaman sejauh 400 mil
membaca buku yang menjadi sumber inspirasi saat senggang
membaca buku yang menjadi sumber inspirasi saat senggang
menyusuri sungai yang deras
menyusuri sungai yang deras
bekerja keras untuk sesuap nasi
bekerja keras untuk sesuap nasi

 

3. Menemukan keluarga yang sempurna, ditengah ketidaksempurnaan keluarganya

Keluarga

intothewildpic

Into-The-Wild-kristen-stewart-14641094-1920-800

 

 

4. Fill his passion

936full-into-the-wild-screenshot (1)

9892_fff1

 

5. Terjebak dalam kenyataan hidup

968full-into-the-wild-screenshot

Into_the_Wild_110

 

 

6. ENDING

Tulisan terakhir saat sekarat
Tulisan terakhir saat sekarat

 

NAFAS TERAKHIR
NAFAS TERAKHIR

 

Based on a true story

Rest In Peace

 Chris McCandless a.k.a Alex Supertramp

tumblr_lfr72jb8TW1qczchlo1_500 (1)

chrismc

they-think-theyve-finally-figured-out-what-killed-the-kid-in-into-the-wild

hqdefault

Christopher_McCandless_story-300x200

Christopher Mc Candless_01

 

 

 

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s