Review & Soundtrack Film : HER

Stream-Arcade-Fires-Full-Score-for-Her-01

dirilis pertama kali di US pada tanggal 18 Desember 2013, sebelum membeli tiket aku intip dulu sinopsisnya via hp, singkatnya film ini berkisah tentang seorang Pria yang jatuh cinta dengan Perempuan yang berupa OS (Operating System) Computer. Ide film ini unik, jadi penasaran mau menontonnya.

film HER telah menyabet the Best Original Screenplay (Spike Jonze) di Golden Globe Award dan Oscar 2014, ini film bagus dan patut ditonton.

Film ini berkisah tentang seorang Pria bernama Theodore Twombly (Joaquin Phoenix ) seorang penulis, yang sedang patah hati karena harus menandatangani surat cerai dengan mantan isterinya, sosok Theo digambarkan sebagai pria yang cenderung pendiam dan agak menghindari kehidupan social yang hingar binger. Dia lebih asyik dengan dunianya sendiri, bermain Computer Game adalah penghibur kesedihannya. Alien Child (disuarakan oleh Spike Jonze) adalah tokoh kartun games 3 dimensi yang sering dimainkan oleh Theo, banyak dialog lucu dan menyindir yang diucapkan si Alien Child terhadap Theo.

Spike Jones, penulis scenario sekaligus sutradara film ini, sangatcerdas memilih tema yang sesuai dengan kondisi kehidupan saat ini yang serba terkoneksi dengan internet dan gadget freak. Orang yang pendiam seperti Theo bisa memperoleh kebahagiaan saat berhadapan dengan komputernya. Apalagi saat dia menemukan suatu OS (Operating System) yang mampu memberi solusi sekaligus dapat menjadi teman curhat.

Saat Theo akan menginstal aplikasi OS tersebut di PC nya, ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepadanya, suara pria atau wanita yang akan dipilih? bagaimana hubungan Theo dengan ibunya? sepertinya OS yang akan diinstal disesuaikan dengan gambaran wanita ideal versi Theo. Setelah menjawab pertanyaan tersebut akhirnya OS terinstal dengan sempurna. Sang OS bernama Samantha ( Scarlett Johansson )dengan suaranya yang seksi berhasil memikat hati Theo.

Mulailah adegan demi adegan yang unik dan lucu mengalir dalam film ini, Theo dan Samantha terlibat pembicaraan yang intim dan intens setiap hari, akhirnya melibatkan perasaan saling membutuhkan satu sama lain. Ada adegan unik dimana Theo dan Samantha saling mencemburui, tidak terbayang hubungan percintaan antara manusia dan gadgetnya, yang sebenarnya bukan hal yang aneh dimana orang lebih “akrab” dengan gadgetnya dibanding “Pasangan Hidupnya”. Hanya yang unik dalam film HER ini, tokohnya Theo menganggap Samantha sebagai sosok Real yang bisa membahagiakan hidupnya.

Ada adegan dimana Samantha meminta seorang gadis memerankan dirinya dan melakukan adegan kontak fisik dengan Theo. Yang terjadi malah ketidak nyamanan dirasakan oleh Theo, dia merasakan bahwa gadis yang “berperan” sebagai Samantha itu tidak bisa mewakili sosok Samantha yang cerdas dan lucu. Akhirnya Theo meminta Samantha tetap sepertinya apa adanya dia yaitu sebagai OS.

Awalnya Theo menganggap dirinya gila karena mencintai makhluk rekayasa manusia berupa OS, ternyata Theo tidak sendirian, ada sahabatnya yang bernasib sama, yaitu Amy yang baru berpisah dengan Charles suaminya. Untuk menghibur dirinya, Amy membeli OS yang sama dimiliki oleh Theo, hanya saja suara OS yang dikendaki Amy adalah suara laki-laki dan diberi nama Ellie. Amy juga jatuh cinta dengan Ellie. Theo merasa tidak sendirian, ada sohibnya Amy yang serupa dengan dirinya, sama-sama mencintai OS.

Suatu hari, Theo sempat lost contack dengan Samantha, dia bertingkah seperti orang gila yang kehilangan jejak kekasihnya, setelah menunggu beberapa waktu, Samantha bisa dihubungi kembali, Theo bertanya kenapa dia tiba-tiba menghilang? Samantha menjelaskan bahwa dia sedang dalam “masa pemeliharaan/perbaikan system”.  Di saat dirinya sedang merasa galau Theo bertanya, apakah Samantha melakukan hubungan yang sama dengan laki-laki lainnya? Samantha menjawab, dia memiliki sebanyak 641 hubungan yang sama dengan lelaki lainnya.

Akhirnya Theo sadar bahwa dirinya bukan satu-satunya Pria yang dicintai Samantha, ada pria-pria lain yang juga dihibur oleh Samantha. Theo berucap: aku milikmu dan aku bukan milikmu. (daleeem…)

Film ini dihiasi oleh soundtrack music yang enak didengar, easy listening music, apalagi saat musik instrumentalia piano diperdengarkan melalui earphone, Theo bertanya ke Samantha, musik apakah itu, Samantha menjawab itu adalah “Bahasa cintaku padamu, yang hanya bisa diwujudkan lewat media musik”…..so sweet.. uhuy.

Klimaks dalam film HER ditandai dengan dihentikannya peredaran OS yang selama ini telah menemani Theo, Ami dan ribuan orang penggunanya karena satu hal yang tidak bisa dijelaskan. Adegan penutup terlihat Theo dan Amy duduk berdampingan sambil menatap langit senja hari, seperti merasakan hal yang sama,“Patah Hati”.

Moral Story dari film HER ini, tiada cinta yang abadi, manusia saja bisa mati apalagi OS, hihihi.

 

SOUNDTRACK

 

Off You
Written by Kim Deal
Performed by The Breeders
Courtesy of Elektra Entertainment Group and 4AD
By arrangement with Warner Music Group Film & TV Licensing and Beggars Group Media Limited
When You Know You’re Gonna Die
Written and Performed by Arcade Fire
Alien Child
Written and performed by Will Collins
Supersymmetry
Performed by Arcade Fire
Produced by Arcade Fire and James Murphy
Cleopatra in New York (Zim Zam Mix)
Written by Nickodemus (as Nicholas J. DeSimone)
Performed by Nickodemus
Courtesy of Wonderwheel Recordings
Magnesium
Written by Sam Spiegel and Rusty Logsdon
Performed by N.A.S.A.
Courtesy of Spectrophonic Sound
I’m So Glad
Written by Skip James (as Nehemiah Curtis James)
Performed by Entrance
Courtesy of Tiger Style Records
The Moon Song
Written by Karen O and Spike Jonze
Performed by Scarlett Johansson and Joaquin Phoenix
Racing Turtles
Written and Performed by Barrie Gledden, Tim Reilly and Jason Pedder
Courtesy of Audio Network US, Inc.
8 Bit Disco No. 3
Written and Performed by Philip Guyler
Courtesy of Audio Network
Need Your Love So Bad
Written by John Mertis Jr. and Little Willie John (as John William Edward)
Performed by Little Willie John
Courtesy of Gusto Records, Inc.
Sure of Love
Written by George Goldner and Stuart Wiener
Performed by The Chantels
Courtesy of Rhino Entertainment Company
By arrangement with Warner Music Group Film & TV Licensing
Dimensions
Written, Produced and Performed by Arcade Fire
The Moon Song
Written by Karen O and Spike Jonze
Performed by Karen O

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s