6 Kelebihan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iPhone-6-05-cd-640x360

Hanya penegasan fakta dari gosip yang selama ini beredar yang pada akhirnya membuat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tak terlalu mengagetkan. Kendati demikian, Apple mempunyai beberapa ‘senjata’ rahasia di versi terbaru iPhone tersebut.

Mulai dari kamera hingga bagian dalamnya adalah sesuatu yang diperharui oleh Apple. Tak semuanya memang cocok dengan kabar angin selama ini berhembus, tapi bahkan beberapa ada yang lebih baik.

Nah, apa sajakah kelebihan dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dibandingkan dengan pendahulunya tersebut :

Lebih Besar dan Lebih Tipis

Secara desain kedua iPhone 6 ini tidak terlalu mengalami perubahan signifikan. Kecuali saat ini, hadir lebih elegan dengan lapisan metal di bagian sisi yang melingkar di keduanya.

Masih ring tombol home untuk menunjang fitur ID Touch, iPhone 6 hadir dengan ukuran layar 4,7 inch sementara iPhone 6 Plus mempunyai bentang seluas 5,5 inch. Keduanya paling besar di jajaran keluarga iPhone.

Tak hanya layar yang besar, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ketipisan yang lebih baik dari iPhone 5S. Sebelumnya, iPhone 5S mempunyai ketebalan 7.1 milimeter maka, kedua iPhone ini lebih baik.

iPhone 6 dengan layar 4.7 inch  4,7 inch mempunyai ketebalan 6.8 milimeter, sementara iPhone 6 Plus 7.1 milimeter.

Layar Kuat dan Lebih Tajam

iPhone 6 memang menjadi lebih besar dibandingkan dengan iPhone 5S. Namun sayangnya, soal resolusi, keduanya tidak jauh berbeda. Hal yang berbeda bila beralih ke iPhone 6 Plus.

Untuk iPhone 6 berukuran 4,7 inch resolusi yang ditanamkan hanya 1334 x 750 pixel, tak signifilkan dengan iPhone 5S yang punya 1136×640 pixel. Namun begitu, Apple mempunyai teknologi baru yang disebut Retina HD di iPhone 6.

Loncatan justru terjadi di iPhone paling besar. Versi ini mempunyai ketajaman dalam angka sebesar 1920 x 1080 dengan kepadatan 401 ppi. Sehingga membuatnya 182% lebih tajam dari iPhone 5S.

Tak ada layar safir yang santer digembar-gemborkan selama ini. Hanya ada yang disebut  “ion-strengthened” dan diklaim lebih kuat dibandingkan dengan versi iPhone sebelumnya.

Prosesor Baru

Apple mengumumkan kehadiran A8 sebagai prosesor terbaru yang akan dibenamkan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Tentu saja ada peningkatan di dalam prosesor 64 bit generasi kedua tersebut.

Diklaim oleh perusahaan tersebut, prosesor A8 50% jauh lebih efisien dibandingkan A7. Sementara CPU melaju lebih kencang 25% bila disandingkan dengan versi sebelumnya.

Apa yang membuat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mempunyai bodi tipis, namun bisa tetap bertenaga? Tak lain karena prosesor A8 lebih kecil 13% ketimbang chip A7 yang ada di iPhone 5S dan iPad terbaru.

Kamera tetap, tapi…

Agak meleset lainnya adalah, sisi resolusi kamera. Buktinya, kedua iPhone 6 ini masih bertahan di 8 megapixel dengan aperture f/2.2. Namun, Schiller mengatakan sensor iSight merupakan generasi baru yang disebut focus pixel.

dengan sensor baru ini, memindahkan fokus yang diinginkan dari satu titik ke titik lain bisa dilakukan dengan cepat. Fitur baru lainnya adalah Panorama yang resolusinya bisa up to 43 megapixel.

Optical Image Stabilization pun turut dibenamkan di kamera iPhone 6 Plus. Ini membuat goncangan tidak akan mempengaruhi saat mengambil gambar.

Merekam video juga semakin canggih karena kemampuan 1080p di 30fps atau 60fps dan merekam slo motion di 240fps.

Untuk kamera depan ada semacam penambahan fitur yang membuatnya sangat cocok untuk berselfie. Selain lebih tajam, kini disematkan pula Face Detection dan Burst Selfie di segmen sekunder ini.

Baterai Tahan Lama

iPhone memang salah satu smartphone populer, namun ada satu hal yang kerap dikeluhkan penggunanya. Yakni baterai yang cepat habis.

Baterai iPhone yang lemah ini pun kerap jadi senjata kompetitor Apple untuk melakukan sindiran.

Nah, untuk menampik serangan serupa di masa depan, Apple pun berbenah untuk urusan baterai di iPhone 6. Sehingga perangkat ini tak mau lagi disebut sebagai ‘fakir colokan’ listrik.

Dipastikan, baterai yang dibenamkan di iPhone 6 berbeda ketimbang versi iPhone terdahulu. Hal ini berpengaruh saat pengguna melakukan aktivitas audio. video, internetan memakai WiFi, LTE, 3G, percakapan via 3G dan saat standby.

Dimana untuk percakapan yang via jaringan 3G misalnya. Jika di iPhone 5S cuma mampu bertahan sampai 10 jam, maka di iPhone 6 versi 4,7 inch bisa sampai 14 jam dan 24 jam di iPhone 6 Plus (5,5 inch).

Untuk mendengarkan musik, berbanding 40 jam untuk iPhone 5S, 50 jam iPhone 6 4,7 inch dan 80 jam iPhone 6 Plus.

Sementara untuk stand by, iPhone 5S mampu bertahan 10 hari sama seperti iPhone 6 4,7 inch. Tetapi untuk iPhone 6 Plus bisa sampai 16 hari.

Fitur Lainnya

Selain beberapa kelebihan di atas, ada beberapa fitur lainnya yang menjadi andalan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Namun jangan kecewa bila tak semuanya bisa digunakan di semua negara.

Seperti WiFi Calling, bekerjasama dengan operator tertentu yang menyediakan WiFi, pengguna iPhone ini dapat melakukan panggilan berdasarkan jaringan WiFi.

Untuk kecepatan data pun sudah ditunjang dengan kelebihan LTE yang semakin super cepat karena berdiri di beberapa frekuensi.

Khusus iPhone 6 Plus ada tombol tambahan yang didedikasikan untuk melakuka copy paste. Lihat juga tampilan landscape di layar 5.5 inch ini yang berbeda dan mengadopsi seperti di iPad Mini.

 

Gimana… tertarik buat beli ?🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s