Tips Mengetik Cepat di Smartphone

Howdy guys, i’m back as well untuk kembali merilis postingan” yang mungkin penting mungkin juga enggak. Jadi, diambil yang positif.

Oke kali ini gua mau share tips untuk mengetik cepat di android, dikarenakan banyak keluhan dari beberapa teman termasuk gua sendiri tentang hal ini. Jadi, ini kumpulan tips yang gua rangkum setelah mereview dan ber-surfing ria.

Mulailah dengan Pengaturan yang Nyaman

Dengan desktop dan laptop, karena layarnya diatur pada tingkat mata dan mampu disesuaikan dengan cepat, maka leher Kita tidak berada di bawah tekanan.

Namun dalam kasus tablet dan smartphone, kemungkinan Kita sedang melihat layar dari sudut yang ganjil. Hal ini dapat menyebabkan leher Kita cepat pegal. Juga, mengetik pada perangkat dengan layar kecil meningkatkan ketegangan pada mata Kita. Untuk alasan seperti ini, gadget berbasis sentuhan yang paling umum tidak hadir dengan tugas-tugas seperti menulis.

Kurangi efek dari kendala tersebut, cara mengetik dengan cepat yang harus dilakukan pertama kali adalah memastikan bahwa Kita memiliki setup yang tepat. Jika Kita membeli perangkat khusus untuk menyelesaikan tulisan Kita, pilihlah perangkat yang memiliki layar cukup besar.

Tempatkan perangkat pada tingkat yang benar dengan memakai case atau penopang, atau gunakan setup darurat. Sesuaikan kecerahan layar hingga optimal untuk menulis. Pada Android 4.2.2, pengaturan kecerahan di bagian Display pada panel Settings. Ini biasanya merupakan fitur built-in pada perangkat, tapi lokasinya mungkin berbeda pada tiap-tiap perangkat dan sistem operasi.

Sesuaikan ukuran huruf agar mudah dibaca. Pilih editor yang baik, yang memungkinkan Kita membuat perubahan ini sangat ideal. Kita bisa menyesuaikannya pada panel Setting di bagian Accessibility. Duduklah sedikit lebih jauh ke belakang kursi, dengan lengan terentang nyaman. Hal ini membantu melihat layar dengan hanya menggerakkan mata sedikit ke bawah tanpa harus membungkukkan leher Anda.

 

Dapatkan Konfigurasi Keyboard yang Tepat

pilih

 

Buat kamu pemakai smartphone Android, tiap model smartphone dari produsen yang berbeda pasti dibekalikeyboard bawaan yang berbeda-beda pula. Secara default ada yang memanfaatkan Google Keyboard, Swiftkey,Swype atau Fleksy.

Biar kamu gak penasaran, lebih baik kamu mencoba aplikasi keyboard itu satu per satu dan gunakan minimal dalam sehari. Setiap aplikasi keyboard punya kelebihan dan kekurangan, jadi pilih yang paling sesuai dan yangpaling nyaman digunakan menurut kamu.

 

Manfaatkan Secara Penuh Fitur Koreksi Otomatis dan Prediksi Kata

pilih-2

Setelah memantapkan pilihan, kamu bisa mulai dengan melakukan personalisasi, seperti mengganti tema. Selanjutnya untuk meningkatkan kecepatan mengetik kamu harus mengotak-atik pengaturan keyboard untuk menemukan fitur-fitur unggulan yang tersembunyi. Seperti koreksi otomatis dan prediksi kata yang wajib kamu manfaatkan secara maksimal.

Koreksi otomatis akan menampilkan setiap kata yang sering kita gunakan, kata yang mirip, mendekati kata yang sedang kamu ketik, dan memperbaiki kata yang salah ketik atau typo. Sedangkan prediksi otomatissangat berguna, karena cukup mengetik dua huruf saja, maka huruf berikutnya atau kata yang dimaksud sudah tersedia. Kamu harus membiasakan dua fitur tersebut untuk meningkatkan kemampuan mengetik di smartphone.

 

Unduh bahasa

pilih-3

Agar bisa secara penuh memanfaatkan fitur koreksi otomatis dan prediksi kata, kamu harus unduh bahasa di menu pengaturan keyboard. Bahasa yang digunakan tidak perlu banyak-banyak, cukup dua bahasa saja, yaitu Indonesia dan Inggris.

 

Gunakan Input Flow dan Voice Typing

Input Flow juga wajib kamu kuasai, cara kerjanya menyenangkan. Kamu tinggal geser dari huruf ke huruf untuk mengetikkan kata, memang awalnya agak susah, tapi kalau sudah terbiasa akan bisa.

Jika jari-jari kamu capek, kamu bisa mengetik dengan suara. Fitur ini sudah tertanam dalam smartphone saat ini, berbicara akan lebih cepat dibandingkan dengan mengetik bukan? Sayangnya kamu masih perlu memperhatikan hasilnya, karena terkadang akurasinya masih kurang. Fitur voice typing ini biasanya ditandai dengan logo microphone, kamu tinggal sentuh dan berbicara.

 

Gunakan dua jempol

Dulu ukuran smartphone masih mini dengan rentang layar 3-4 inci, masih memungkinkan untuk mengetik dengan satu tangan. Seiring perkembangannya, layar smartphone semakin besar 5-6 inci, sehingga tidak mungkin kamu bisa mengetik cepat dengan satu tangan. Karena itu, lebih optimal jika kamu menggunakan dua jari jempol.

 

 Gunakan Kamus

Kamus yang dimaksud di sini adalah sebuah shortcut kata, seperti kata umum yang berulang atau sering kamu gunakan. Contohnya ketik ‘yg’, otomatis yang muncul kata ‘yang’. Bisa juga untuk mengetik dengan cepat alamat email atau alamat rumah. Dengan menyetel shortcut tentunya membuat pengetikan lebih mudah dan cepat bukan?

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s