Apa Itu “PISHING” ?

Howdy guys… I’m back as well🙂

Sebelumnya gua mohon maaf kalo postingan kali ini seperti biasanya, agak lama dari postingan terakhir gua. Masih dengan alasan yang sama, gua sibuk dengan pekerjaan dan juga butuh mood yang baik untuk kembali mengetik kata demi kata. Semoga dimaafkan.

Kali ini sesuai judul diatas gua pengen membahas tentang “Pishing”. Mungkin untuk kalian yang sudah mendalami dunia IT atau mungkin sering mendengar kata itu di beberapa film tentang hacking or something. Intinya, berbau dengan hal yang namanya Hacking.

Menurut Wikipedia Pishing itu dalam bahasa indonesia artinya pengelabuan lebih jelasnya adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah Phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

http://home.bt.com/images/what-is-a-phishing-scam-136394107163503901-141103122830.jpg

Biasanya Pishing ini dilakukan secara berkala / acak/ atau terencana ke korban yang dituju tergantung kebutuhan dari yang melancarkan.

Peruntungan juga berpengaruh karena biasanya Pishing dikirimkan melalu pesan entah dari email atau media sosial, namun belakangan semakin tinggi nya tingkat keamanan maka teknik ini biasanya langsung dijadikan pesan Spam karena mengandung unsur yang mengindikasikan adanya peretasan. Bersyukurlah karena masih banyak orang-orang disekitar kita yang masih kurang paham dan kurang berhati-hati dalam menggunakan internet.

Intinya, sebagai pengguna internet aktif, pastikan kalian selalu berhati-hati dan jangan asal klik tautan-tautan yang kalian tidak tahu dari mana sumbernya. Sekali kalian mengklik dan misal antivirus di pc kalian tidak mumpuni atau tidak pernah diupdate, maka kalian SELESAI alias kalian selangkah lagi menjadi korban peretasan.

Para hacker atau cracker memang masih sering menggunakan teknik ini walaupun tergolong teknik tua. Tapi, percayalah bahwa teknik ini masih banyak digunakan karena caranya yang mungkin tidak terlalu ribet, hanya memanfaatkan kelengahan para korban atau memanipulasi korban lewat pesan-pesan yang menarik sehingga korban mau mengklik tautan yang berisi serangan.

pp

Kesimpulan nya kembali ke diri kita masing-masing sebagai pengguna internet aktif. Selalu ingat bahwa tidak ada kata aman. Selalu bentengi diri dan perangkat kalian dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin itu aja postingan gua kali ini. Sebenernya, pengen juga ngbahas ini lebih jauh cuma gua masih harus menyaring lagi karena sama aja mengajarkan hal yang beresiko ke dunia luar. Tapi, kalo kalian pengen tau lebih dalam mengenai Pishing, silahkan komen dibawah dan jangan lupa ikuti blog gua supaya kalian bisa dapet updetan terbaru nya.

 

 jangan lupa tinggalin jejak. Jangan lupa share karena setiap 1 share dari kalian bisa menyelatkan dan menyebarkan hal positif ini ke banyak orang yang kalian sayang.

At least thanks for visiting

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s