Grup Hacker Paling Ditakuti Pada Tahun 2018

A hacker doesn’t deliberately destroy data or profit from his activities.

Kevin Mitnick

hack.jpg

Tercatat di tahun 2018 ini, angka Cybercrime perlahan mengkhawatirkan seiring dengan makin berkembangnya teknologi.

Namun para Cracker lebih tepatnya, seperti jamur yg mati satu tumbuh seribu. Tim Cybercrime baik dalam negeri atau diseluruh belahan dunia nampaknya makin disibukkan dengan terus memberantas para Cracker tsb.

Nah, ada sedikit info menarik ditahun 2018 ini tenang beberapa grup Hacker atau mungkin Cracker yg paling ditakuti dan disegani karena serangan-serangan cyber mereka yang tidak main-main berkaca pada tahun kenarin.

Sandworm (a.k.a. Electrum)

9854269_20180103043155.png

Grup hacker yang berasal dari Rusia. Salah satu peretasan besar yang mereka lakukan adalah dengan mencuri data orang-orang yang memiliki afiliasi dengan NATO dan pemerintah Ukraina,Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data intelejen.

Bahkan demi melancarkan aksinya, Sandworm pernah menutup jaringan listrik ukraina.

Fancy Bear & Cozy Bear

080216dnchack_960x540.jpg

Sepak terjang dua kelompok hacker ini cukup mengerikan pada tahun lalu. GRU dan FSB, dua badan intelejen Rusia adalah dalang di balik kelompok hacker ini.

Fancy Bear yang dimiliki oleh GRU, berhasil ikut campur dalam masa pemilihan presiden di Eropa. Sedangkan Cozy Bear yang mewakili FSB, mampu memberanatas hacker-hacker asal Amerika.

Lazarus Group

download.jpg

Negara Komunis seperti Korea Utara sudah memanfaatkan kejahatan siber demi menyerang musuh-musuhnya. Aksi pertamanya terjadi pada tahun 2009 di mana mereka berhasil menyerang situs-situs Amerika dan Korea Selatan dengan dengan metode denial-of-service (DDOS).

Tahun 2016, bagian Bangladesh yang kena dampaknya. Lazarus berhasil mencuri $81 juta dengan menargetkan bank sentral Bangladesh dan jaringan keuangan SWIFT.

Lalu tahun 2017, Lazarus Group sempat dihubung-hubungkan dengan worm ransomware WannaCry, sebuah virus komputer yang sempat membuat gempar dunia.

Equation Group

maxresdefault.jpg

Grup hacker Equation Grup mulai menarik perhatian banyak orang ketika mereka melakukan peretasan program nuklir Iran pada pertengahan Agustus lalu.

Perusahaan antivirus Rusia Kaspersky meyakini jika Equation Group memiliki hubungan erat dengan Badan Keamanan Nasional AS, terutama unit Operasi NSA yang bernama Tailored Access Operations atau TAO.

Namun belakangan diketahui jika data dari Equation Group berhasil dicuri dan dibocorkan oleh kelompok hacker lain, Shadow Brokers. Dipercaya Shadow Brokers berasal dari negara Rusia.

Comment Crew

download (2)

Grup hacker selanjutnya yang cukup ditakuti adalah Comment Crew. Berasal dari Cina, Comment Crew terkenal dengan aksinya menyerang situs-situs populer dan menghilangkan komentar di halawan web tersebut.

Penyidik forensik digital di Mandiant menuturkan jika Comment Crew memiliki kaitan dengan penyusupan pada perusahaan besar seperti Coca-Cola, RSA, dan Lockheed Martin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s